Bangka Belitung merupakan surga baru pariwisata Indonesia yang telah berhasil menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Tak heran sekarang Babel menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang banyak di impikan. Laut yang biru, ombak yang tenang, pasir putih nan lembut dan bersih, deretan bebatuan besar yang eksotik, merupakan ciri khas pantai-pantai di Bebel. Tempat-tempat itu masih sepi, sejuk, nyaman, dan menggoda.
pulau ketawai
Bangka Belitung (sering juga disebut Babel, Negeri Serumpun Sebalai, atau Negeri Laskar Pelangi) adalah salah satu provinsi kepulauan di Indonesia, tempat segalanya masih perawan dan menawan. Bangka Belitung, sangat beruntung dianugrahi alam yang sangat-sangat indah.

Kini Babel merupakan surga wisata bahari yang tidak kalah dengan Lombok atau Bali. Masyarakat Bangka Belitung hidup dalam budaya agraris dan tambang, namun juga ada sedikit mahasiswa dengan gaya hidup pop. Kombinasi yang unik antara pantai-pantai cantik, kuliner yang enak, tradisi, budaya, dan panorama alam menjadikan Babel sangat menarik untuk dikunjungi.

Lantas, bagaimana cara yang mudah dan murah untuk tour ke Bangka Belitung.
Untuk melayani Anda yang ingin berkunjung ke Bangka Belitung dan menikmati pesona terbaik dari kedua pulau ini Bangka Tour and Travel, menawarkan beragam paket wisata. Selain melayani paket Bangka Belitung tour kami juga menyajikan informasi tentang sejumlah obyek wisata, hotel, restoran dan informasi seputar tips yang Anda butuhkan untuk berwisata ke Bangka Belitung/Babel.

Tips ke Bangka Belitung sederhananya adalah sebagai berikut:
Sekarang akses ke bangka belitung, sangatlah mudah.Ada 2 Bandara yang ada di Bangka Belitung. yang pertama di Pangkalpinang, Bangka dan satunya di Tanjung Pandan, Belitung. Dibutuhkan sekitar 45 – 50 menit untuk sampai ke Bangka Belitung dari Jakarta dan 30 menit dari Palembang dengan pesawat. Ada sekitar 19 penerbangan langsung setiap hari menuju ke Bangka Belitung dari Jakarta, 15 ke Bangka (Depati Amir Airport di Pangkalpinang) dan 4 ke Belitung (Hanandjoeddin Airport di Tanjung Pandan), sedangkan 2 penerbangan setiap hari dari Palembang ke Bangka juga tersedia. Penerbangan dari Batam ke Pangkalpinang dan Tanjung Pandan juga tersedia pada hari tertentu.

Selain dengan pesawat, ada kapal menuju ke Bangka dari Jakarta dan Jetfoil dari Palembang. Ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan jetfoil dari Bom Baru Palembang ke Tanjung Kalian di Mentok, Bangka Barat, dan 3-jam perjalanan dengan bus umum dari Mentok ke Pangkalpinang, ibukota Kepulauan Bangka Belitung. Jadwal kapal dari Tanjung Priok ke Pangkalpinang atau untuk Belinyu di Bangka serta dari Tanjung Priok ke Tanjung Pandan atau Tanjung Ru di Belitung tetap saja tidak teratur Anda harus mengkonfirmasi terlebih dahulu dengan administrator pelabuhan.

Cara berkunjung ke Pulau Bangka
Untuk berkunjung ke pulau bangka ada beberapa alternatif. Berikut alternatif yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kondisi budged Anda tentunya.
* Naik Pesawat, terbang setiap hari dari Jakarta (Bandara Soekarno Hatta) ke Pangkalpinang (Bandara Depati Amir). Harga pesawat disini sering berubah-ubah tergantung promo dan sesuai ketentuan pihak penerbangan. Kisaran Harga Pesawat mulai dari Rp. 250.000,- s/d Rp. 1.000.000,-. Pesawat yang di terbangkan antara lain adalah Lion-Air, Batavia-Air, Sriwijaya-Air, Garuda Indonesia, Merpati dan Aviastar. Dahulu ada Mandala-Air dan Adam-Air yang juga ikut menerbangkan pesawat ke Bangka, sekarang sudah nggak ada lagi, kami kurang tahu alasannya apa. Untuk soal harga yang pasti serta jadwal penerbangannya bisa cek di masing2 situs pihak penerbangan atau tanyakan ke pihak travel penjualan tiket. Bila Anda beruntung bisa dapat harga tiket yang murah. Bisa saja Anda mendapatkan harga Promo dibawah Rp. 250.000,-
* Naik kapal Feri dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Pangkalbalam. Tanpa membawa kendaraan, kisaran harganya dimulai dari Rp. 180.000,- s/d Rp. 220.000,-. Naek kapal Feri dengan membawa motor sekitar Rp. 500.000,-an. Naek kapal Feri dengan membawa mobil sekitar Rp. 1.500.000,-an. Naik Kapal K.M. Bukit Raya/K.M. Sirimau kisaran harga Tanjung Priok – Belinyu Rp. 175.000,- s/d Rp. 250.000,-
* Tunggu kapal barang yang akan berangkat ke Pulau Bangka di Pelabuhan Merak atau Pelabuhan Sunda Kelapa. Untuk masalah harga Anda nego saja langsung dengan kapten kapal. Untuk yang satu ini dijamin lebih murah dari yang lainnya.

Sedangkan untuk liburan ke Pulau Belitung
Untuk liburan ke pulau belitung juga sama, ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih. Berikut diantaranya :
* Naik pesawat, Jakarta (Bandara Soekarno Hatta) – Tanjung Pandan (Bandara H.A.S. Hanandjoeddin), sekarang cuma ada dua pihak penerbangan. Sriwijaya-Air dan Batavia-Air. Untuk kisaran harganya kurang lebih sama dengan harga dari Jakarta (CGK) – Pangkalpinang (PGK) yaitu dimulai dari Rp. 250.000,- s/d Rp. 1.000.000,-. Silahkan cek di situs pihak penerbangan.
* Datang ke bangka dulu dengan alternatif yang terlah disebutkan diatas, baru kemudian naik pesawat dari Pangkalpinang – Tanjungpandan. Penerbangan yang disediakan adalah pesawat dari pihak penerbangan Sky Aviation.
* Naik Kapal Feri dari Pangkalpinang – Belitung. Harganya kurang lebih sekitar Rp. 150.000,-. Atau bisa Anda tanyakan ke pihak travel yang menjual tiket kapal Feri.
* Naik speedboat, dari Pangkalpinang – Belitung. Harganya kurang lebih Rp. 250.000,-an
* Naik kapal barang yang akan berangkat ke Pulau Belitung di Pelabuhan Merak atau Pelabuhan Sunda Kelapa. Untuk masalah harga Anda nego saja langsung dengan kapten kapal. Untuk yang satu ini dijamin lebih murah dari yang lainnya.