Pantai Batu Dinding Belinyu Bangka Yang Mempesona

Pantai Batu Dinding Belinyu, merupakan salah satu objek wisata yang mempesona di pulau Bangka. Objek wisata ini juga sering masuk dalam salah satu destinasi wisata yang akan anda kunjungi bila menggunakan layanan paket tour Bangka dari Bangka Tour and Travel. Pantai Batu Dinding berada di Sebelah Utara Pulau Bangka, tepatnya di Desa Mantung Kecamatan Belinyu – Kabupaten Bangka – prov Kep. Bangka Belitung, Indonesia.

Konon Nama Pantai Batu Dinding berasal dari sebutan salah satu batu granit yang sangat besar menyerupai dinding yang menjadi icon pantai ini. Bentuk batunya bisa di kategorikan seperti batu belimbing karena memiliki guratan – guratan sisi seperti buah belimbing.

Pantai Batu dinding bangka Pantai Batu Dinding memiliki sejumlah daya tarik terutama suasana taman / kebun dan pepohonan yang asri yang tumbuh di area bukit yang akan memanjakan mata anda. Selain itu di pantai ini terdapat rumah pemilik pantai Batu Dinding yang bisa di jadikan rumah singgah bagi anda yang ingin santai atau beristirahat.

Selain itu juga terdapat banyak kursi dan tenda untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan pantai dan doemasi bebatuan granit raksasa. Pantai ini cukup sering dijadikan spot foto prawedding karena lanskapnya yang mangagumkan. Meski jalan menuju ke lokasi ini tidak terlalu bagus namun anda tak perlu khawatir bila pergi ke pantai Batu Dinding bersama kami karena kami sangat paham seluk-beluk wisata Bangka.

Apa Yang menarik di Pantai Batu Dinding

Salah satu Ciri khas pantai Batu Dinding adalah pemandangan dari puncak bukit serta bebatuan granit besar menjulang yang menghiasi beberapa sudut pantai. Bukit kecil ini sangat terawat. Memiliki rumput hijau yang rapi dan taman cantik dengan beragam pepohonan hijau nan asri. Pohon-pohon kelapa berdiri menjulang menambah kesan yang elok saat nyiurnya ditiup angin.

Selain itu di sini juga terdapat sejumlah tanaman buah seperti durian, rambutan, duku dan lain-lain. Bila sedang berbuah anda bisa menikmati berbagai buah-buahan segar yang baru di petik dari pohonnya. Tapi mesti bayar loh ya, jangan nyolong hehe.

Pemandangan disekitar villa sangat menarik dan asri, dengan hembusan angin laut yang sepoi sepoi yang membuat betah untuk sekedar duduk dan bersantai di bukit ini. Dari atas sini, wisatawan dapat melihat aktifitas nelayan di pelabuhan Batu Dinding yang berangkat dan kembali pulang dari laut, serta pemandangan pulau pulau kecil nan hijau di tengah laut biru jernih yang sangat kontras.

Tempat parkir yang cukup luas dan rumah singgah yang terletak persis di tengah kawasan bukit di pantai ini bisa anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati minuman segar. Tidak ada biaya apapun untuk menikmati suasana di rumah singgah ini. Anda hanya perlu minta izin saja pada pemiliknya.

Pantai Batu dinding juga merupakan lokasi favorit bagi fotografer. Anda bisa foto-foto di berbagai spot menarik ditempat ini. Bila turun ke bawa bukit, anda bisa menikmati pemandangan pantai yang cantik. Pada bagian depan pantai terdapat beberapa pulau kecil yang cantik. Beberapa nelayan kadang menjala ikan tidak jauh dari bibir pantai. Tidak jauh dari pantai juga terdapat bagan-bagan (tempat menangkap ikan) milik para nelayan lokal.

Pada sisi kanan pantai, anda bisa melihat kapan-kapal nelayan dan dermaga kecil milik PT Timah. Sedangkan di sebelah kiri (dari arah pintu masuk) pantai Batu Di ding terdapat hutan mangroov dan dermaga nelayan yang menjorok ke laut.

Ditengah pantai anda bisa menjumpai sebuah batu granit raksasa. Batu ini setara dengan rumah 2 lantai. Dibelakang batu granit eksotis ini anda bisa berjalan kaki menyusuri batu layaknya di dalam sebuah goa.

Di dekat batu granir besar inilah biasanya para pengunjung sibuk berfoto ria dengan aneka gaya. Selain batu besar dan bentuknya yang unik pemandangan pantai yang menjadi latar di sekitar batu ini membuat foto menjadi semakin kece.

Pantai Batu Dinding memiliki ombak tenang, laut yang biru nan jernih serta batu batu besar sebagai peneduh pantai. Pantai Batu Dinding sangat cocok untuk anda yang mau coba berenang dan melakukan aktifitas lainnya bersama keluarga.

Pantai Batu Dinding memiliki kultur tanah yang berbukit / tebing, sehingga dari atas tebing kita bisa menyaksikan keindahan laut dari kejauhan.

Akses Menuju Pantai Batu Dinding (BT Dinding)

Anda tertarik menikmati keindahan dan pesona pantai Batu Dinding. Gampang, kok. Bila tak ingin ribet, pesan saja paket wisata Bangka dari Bangka Tour Travel. Minimal paket wisata Bangka 3 hari 2 malam. Atau anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil Bangka lengkap dengan supir yang ramah dan bisa sekaligus menjadi tour guide perjalanan liburan Anda di Bangka.

Bila anda memutuskan menggunakan layanan rental mobil di Bangka lepas kunci (supir sendiri), anda Akan berkendara sekitar 2-2,5 jam perjalanan dari Bandara depati amir Pangkalpinang. Atau 1 jam perjalanan bila kebetulan anda menginap di kota Sungailiat ( Kabupaten Bangka ).

Akses menuju pantai Batu Dinding dapat melalui 2 jalur. Pada jalur yang pertama, terdapat pelabuhan kecil yang digunakan sebagai tempat menambat perahu nelayan lokal serta terdapat kawasan budi daya manggrove yang dikelola oleh penduduk lokal.

Untuk jalur yang kedua, melalui jalan setapak yang agak terjal dan berbukit diantara rumah penduduk lokal. Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar bila kesulitan menemukan pantai ini karena banyak gang kecil di tengah perkampungan penduduk yang akan anda lewati.

Bila anda sudah puas di pantai batu dinding, anda bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata menarik lainnya di kawasan kota Tua Belinyu, seperti pulau Kelapa, pulau putri, pulau lampu, kampung gedong, pantai romodong, goa maria, mencicipi otak-otak khas Belinyu, dan masih banyak lagi.