Pesona Danau Kaolin Belitung dan Danau Biru di Bangka

nesia.id – Membicarakan wisata Bangka Belitung biasanya yang terbayang dibenak banyak traveller adalah pantai-pantai yang cantik dan masih alami, serta gugusan pulau eksotis. Namun kali ini kami ingin mengulas sisi lain, yakni tentang Pesona Danau Kaolin Belitung dan Danau Biru di Bangka.

Tour BelitungDanau Kaolin Belitung merupakan salah satu daya tarik wisata Yang wajib anda singgahi saat liburan ke Belitung. Meski tempat ini hanya sebuah kawasan bekas tambang tapi banyak wisatawan yang merasa menyesal bila tak singgah meski hanya sebentar di lokasi tersebut.

Ya, sebetulnya yang disebut danau kaolin itu memang hanya sebuah kawasan bekas galian tambang mineral kaolin. Kami tak ingin melebih-lebihkan karena walaupun sekarang terlihat cukup menakjubkan tapi ada cerita atau sisi gelap dari terciptanya kubangan besar yang sekarang dikenal dengan Danau Kaolin ini.

Sebagai informasi, Kaolin (clay) adalah salah satu kekayaan hasil tambang dari bumi Belitung. Nah, hasil tambang kaolin selanjutnya dikirimkan ke luar pulau untuk bahan baku pabrik cat dan kosmetik.

Meski telah memberikan banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal dan sangat kaya manfaat namun dampak negatif dari penambangan ini seperti yang anda lihat di ex danau kaolin (kolong) ini adalah kerusakan lingkungan.

Seperti halnya penambangan timah yang juga sangat banyak di bumi Bangka Belitung. Kerusakan itu menjadi semakin bertambah parah karena kegiatan tambang juga mengotori dan merusak banyak aliran sungai di Babel.

Danau Kaolin di Belitung terletak di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Dari Bandara di tanjung pandan, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit berkendara untuk sampai dan menikmati Danau Kaolin.

Lokasinya yang dekat dari bandara membuat objek wisata Belitung yang satu ini sering menjadi tujuan terakhir dalam berbagai program layanan paket wisata Belitung yang banyak dikemas dan ditawarkan oleh travel Belitung.

Jadi bila anda ikut paket tour Belitung Danau Kaolin seharusnya sudah ada dalam itinerary anda. Bila belum ada anda bisa meminta untuk dimasukkan karena sayang bila sudah jauh-jauh ke Belitung tapi tidak punya foto dengan lanskap danau biru itu.

Serius, foto ditempat ini sangat indah. Sekilas pemandangan yang tersaji mirip dengan kawah biru di jawa Barat namun di sini anda tak perlu ciut karena tidak ada bau belerang sama sekali. Jadi anda bisa berfoto dengan aneka gaya diberbagai sudut.

Di daerah bekas tambang kaolin ini terbentuk sebuah danau yang berasal dari air yang terkumpul dalam sebuah ceruk yang berada di sana. Danau besar bernama Danau Kaolin itu bagaikan sebuah oase di tengah gersangnya area sekitar bekas tambang yang rusak akibat eksploitasi yang dilakukan sebelumnya.

Pesona keindahan di sekitar danaiu kaolin ini memang sangat menakjubkan, di mana air yang tertampung memiliki warna biru tosca dan sangat jernih. Hamparan tanah bekas galian yang tertumpuk di sekitar area bekas tambang ini sekilas menyerupai punggung seekor ular besar. Selain itu Warna putih kaolin juga menjadi keindahan tersendiri yang elok dan menarik untuk dinikmati dan dijadikan latar untuk berfoto.

Danau Biru Bangka

Berbicara mengenai wisata Belitung memang bukan hanyanpantai dan pulau. Danau kaolin ini merupakan salah satu bukti lain kalau Belitung masih punya sejuta pesona keindahan lainnya. Begipun di pulau Bangka.

Jadi selain di Belitung danau biru itu juga ada di Bangka. Sedikitnya terdapat 2 buah danau biru yang juga sangat menakjubkan di Bangka. Meski sebagian orang tak merekomendasikan bekas tambang sebagai destinasi wisata, tapi tak ada salahnya bila kami informasikan sedikit untuk Anda.

Di Bangka danau bekas galian tambang itu diaebut Kulong atau camoy. Mirip dengan danau kaolin di Belitung, namun di Bangka lebih dikenal dengan sebutan Danau Biru. Disebut demikian karena memang air danau nya memang sangat biru.

Bila anda tertarik melihat keduanya, anda bisa menggunakan paket tour Bangka Belitung 4 hari 3 malam dari kami. Jadi anda bisa menikmati danau biru yang ada di Bangka plus danau Kaolin di Belitung.

Danau biru di Bangka terletak di desa air bara, Bangka dan satunya lagi terdapat di jalan lintas timur Bangka. Namun yang paling cantik adalah yang terdapat di Air Bara, koba. Bila cuaca cerah anda akan takjub dengan birunya air danau ditempat ini.

Anda bisa mengunjungi 2 danau biru di Bangka dengan memesan layanan jasa sewa mobil Bangka atau menggunakan paket tour Bangka dari kami agar anda tak perlu repot dan liburan menjadi lebih aman, nyaman dan mengesankan.

Sayangnya kedua tempat tersebut memang hanya cocok untuk sekedar dilihat dan foto saja. Belum ada aktifitas dan sarana atau wahana permainan disekitar tempat tersebut. Bahkan fasilitas umum pun hanya sekedarnya saja.

Anda harus berkendara sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara atau pusat kota untuk sampai kelokasi tersebut.