Ketika memasuki musim liburan atau ada waktu senggang untuk berlibur, tidak sedikit orang yang merasa dilema. Ingin hati jalan-jalan atau traveling ke suatu tempat, tapi apa daya isi kantong lagi pas-pasan. Berlibur tentunya butuh banyak persiapan dan satu diantaranya ialah biaya selama perjalanan.

Jika ini dilema kamu saat ini, sudah coba 5 trik di bawah ini belum? Trik yang akan membantumu tetap bisa liburan seru. Trik yang umumnya digunakan para backpacker untuk menghemat pengeluaran. Yakni :

Sumber: ayunafinda.blogspot.com

Waktu Tepat Liburan itu di Musim Non-Peak

Peak season (waktu ramai turis) umumnya bertepatan dengan liburan anak sekolah, akhir tahun, awal tahun, dan pertengahan tahun. Bulannya sekitar Desember hingga Januari dan Juli hingga Agustus. Di musim ini biasanya tiket kereta api atau moda transportasi lain banyak diburu dan cukup sulit didapatkan.

Selain itu, harga dan biaya perjalanan biasanya cenderung lebih mahal. Jadi, di musim ini sebaiknya simpan tabungan dan bersabar sejenak. Kamu akan lebih menghemat banyak uang, bila melakukan liburan di saat sepi turis. Untuk itu, cek kalender dan rencanakan perjalanan liburan dengan baik.

Cek Promo Tiket Perjalanan hingga Penginapan

Biasanya, di musim non-peak banyak sekali promo menarik untuk menarik wisatawan berlibur. Nah, kesempatan emas ini jangan disia-siakan. Rajin-rajinlah mengupdate informasi dari agen perjalanan untuk merencanakan liburan hemat. Kamu juga bisa berlangganan newsletter, mengunduh aplikasi agen favorit, dan sebagainya.

Contohnya, bila kamu berencana pesan tiket kereta api di Traveloka, tidak ada salahnya mem-follow social media-nya atau mengunduh aplikasinya. Tujuannya untuk mendapatkan info terkini seputar moda transportasi hingga penginapan yang murah dan sedang promo. Untuk melihat halaman webnya, silakan buka: https://www.traveloka.com/kereta-api.

Jadikan Transportasi Umum Pilihan Utama

Macet itu sudah menjadi PR (Pekerjaan Rumah) setiap daerah di Indonesia. Utamanya kota-kota besar dan lokasi yang memiliki destinasi wisata menarik. Ketika weekend, musim liburan, atau momen tertentu, kemacetan yang terjadi bisa sangat parah. Contohnya arah ke puncak Bogor, liburan ke Bandung, jalan-jalan ke Jogja, dan seterusnya.

Nah, agar waktumu tidak terbuang sia-sia dan menghindari kemacetan parah, utamakan memakai transportasi umum. Saat ini pelayanan transportasi umum tergolong sudah cukup baik, aman, dan nyaman. Baik transportasi antar provinsi, antar kota, antar daerah, hingga transportasi kecil seperti angkot, becak, dan sebagainya.

Soal biaya, transportasi umum juga relatif terjangkau. Jika butuh bukti silakan cek situs agen perjalanan favoritmu seperti Traveloka. Lalu pilih menu kereta api dan cek harga serta ketersediaan tiketnya. Jika dihitung dengan baik, transportasi umum pun bisa lebih murah daripada bawa kendaraan pribadi.

Utamakan Jalan Kaki untuk Destinasi Wisata yang Dekat

Apabila tempat tujuan wisata dekat, mudah dijangkau, dan bisa ditempuh dengan jalan kaki, sebaiknya jalan kaki saja. Ini akan membuatmu hemat pengeluaran dan menjadi pilihan terbaik, bila kondisi jalan sedang macet. Mungkin jasa sewa mobil layak juga dipertimbangkan.

Misalnya kamu jalan dari stasiun ke tujuan wisata atau dari penginapan ke spot tertentu yang ingin dikunjungi di suatu kota. Dengan berjalan kaki, kamu pun bisa olahraga dan mengamati kehidupan masyarakat lokal sambil berwisata. Jika tidak pas waktu liburan, kapan lagi bisa melakukan keseruan ini.

Jadi Turis yang Citarasa Lokal

Maksudnya sebaiknya kamu menghindari tempat wisata yang umum jadi primadona wisatawan. Coba rencanakan perjalanan ke spot-spot menarik dan unik yang biasanya disukai penduduk lokal saat hang out, jalan-jalan, atau liburan. Ini akan memberikan pengalaman berbeda, karen kamu seolah menjelma jadi warga lokal dan tahu betapa serunya kehidupan mereka.

Selain pilihan transportasi murah seperti kereta api, penginapan dekat lokasi wisata, dan tujuan wisata, kamu pun perlu berhemat dalam hal makanan. Restoran atau kafe memang menarik dikunjungi, namun akan lebih berkesan dan hemat bila mencicipi kuliner yang banyak disukai warga lokal.

Contohnya jajanan di pasar, warung atau kedai pinggir jalan favorit warga sekitar, dan sebagainya. Kamu juga bisa lebih dekat dengan masyarakat sekitar untuk bertanya informasi penting seputar daerah wisata menarik, cerita seru, dan lain-lain.

Demikian beberapa trik yang bisa kamu coba untuk tetap seru pergi berlibur dengan dana pas-pasan. Liburan murah itu bisa diwujudkan, asal kita tau tips, trik, dan panduannya. Tunggu apa lagi, rencanakan liburan sekarang juga dan selamat bersenang-senang. Jangan lupa lihat paket tour Bangka Belitung yang kami tawarkan untuk Anda. Barangkali ada yang sesuai dengan budged liburan kami.