5 Objek Wisata Ini Wajib di Kunjungi Di Kota Belinyu, Bangka

Bila anda berkunjung ke pulau Bangka, entah dengan menggunakan layanan paket tour Bangka, menggunakan jasa sewa mobil di Bangka ataupun jalan sendiri anda wajib berkunjung ke kota tua Belinyu. Kota kecil ini masih dalam wilayah Kab. Bangka, dan terletak di bagian paling utara pulau Bangka.

Kenapa anda harus tour ke Belinyu, Bangka? Setidaknya inilah beberapa tempat yang paling menarik dan paling banyak dikunjungi wisatawan saat tour ke Bangka di daerah Belinyu.

Untuk menikmati liburan ke kota ini, setidaknya anda harus mengambil durasi liburan paling singkat 3 hari 2 malam di Bangka. Karena letak kota Belinyu cukup jauh dari Bandara di kota Pangkalpinang. Anda harus berkendara setidaknya 6 jam pulang pergi untuk menikmati pantai penyusuk.

Oky langsung saja

Inilah 5 objek wisata yang wajib dikunjungi di Belinyu Bangka :

1. Pantai Penyusuk

Berbeda dengan pantai Romodong, pantai Penyusuk para pengunjung yang bersantai bahakan terlihat beberapa penggemar fotografi yang mengabadikan keindahan dan pesona alam yang ada. Tampak beberapa warung kecil yang memudahkan pengunjung untuk mendapatkan makanan dan minuman sambil bersantai menikmati segarnya pemandangan pantai. Dari sini terlihat beberapa pulau-pulau kecil yang dapat disebrangi dengan menggunakan perahu nelayan, biasanya  dengan biaya Rp. 10.000,-/orang sekali jalan. Uniknya tak jauh dari pesisir pantai beberapa penduduk menanam semangka dan berkebun untuk kebutuhan sehari-hari.

Memasuki kawasan pantai penusuk dari kejauhan sudah terlihat hamparan birunya laut, diantara pohon kelapa dan ilalang yang tumbuh liar di lapangan landai yang memisahkan antara badan jalan dengan Pantai Penusuk. Setelah melewati jalan yang menurun, terlihatlah pesona indah Pantai Penusuk yang di dominasi Tumpukan batu granit dikanan kirinya sehingga membentuk sebuah ceruk  berpadu dengan hijaunya perpohonan pesisir pantai yang tumbuh diantara sela-sela bebatuan granit.

2. Pantai Romodong

Pantai Penyusuk dan Pantai Romodong meruapakan dua pantai yang terletak di daerah Belinyu. Belinyu sendiri adalah bagian paling utara dari pulau Bangka. Kota ini berjarak 90 km dari kota Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Bangka Belitung.

Kota tua tersebut merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit yang sering wisatawan yang berkunjung atau liburan ke pulau Bangka.

Pemandangan kota tua mendominasi wajah kota Belinyu, beberapa bangunan tua dengan ciri khas arsitektur gaya belanda dan rumah panggung tradisional  menjadi sesuatu yang mudah ditemukan di kota ini.

Pantai Romodong
Pantai adalah surge wisata Bangka. Namun begitu karakter pantai-pantai yang ada di pulau timah ini punya ciri, keunikan dan keindahan masing-masing. Pantai Romodong, misalnya. Dua batu granit setinggi  10m yang mengapit jalan masuk munuju Pantai Romodong bak gapura untuk masuk kepantai ini.

Pantai Romodong berpasir putih, dibeberapa sudut tedapat bebatuan granit yang menyembul di atas permukaan laut.

3. Pulau Putri & Pulau Lampu

Apa yang menarik di pulau lampu dan pulau putri?.

Pulau Lampu dan Pulau Putri merupakan pulau terbesar dalam deretan karang-karang besar nan cantik yang terletak diseberang pantai penyusuk. Butuh waktu sekitar 5-10 menitan untuk menyebrang ke pulau lampu. Perahu nelayan yang muat untuk 10 orang akan mengantarkan wisatawan yang ingin menikmati keindahan dipulau-pulau tersebut.

Kapal-kapal tersebut tidak tersedia setiap waktu, kecuali Anda sudah punya jaringan atau kenalan dengan nelayan-nelayan dikawasan tersebut.

kapal nelayan

Perahu Nelayan

Selama penyebrangan ke pulau lampu, laut yang bening, susunan karang-karang cantik, dan sebuah mercuasuar yang menjulang kelangit akan memenuhi pandangan. Sekitar 10 meter sebelum mendarat di pulau lampu, arahkan pandangan Anda kedalam air, karena pemandangan bawah laut dikawasan ini cukup mempesona.

Sesampainya di pulau, bebatuan granit besar nan eksotik, pasir yang putih, ombak yang tenang, akan menyambut kedatangan Anda. Dari sini Anda bisa menaiki tangga menuju bukit dimana terdapat mercusuar, rumah peninggalan belanda, serta beberapa rumah kecil yang dihuni penjaga mercusuar.

Anda dapat menaiki rumah tua ini, untuk menyaksikan pemandangan disekiatr pulau. Di pulau ini juga terdapat sebuah makam tua. Konon makam tersebut adalah makam si penjaga pertama mercusuar pulau lampu.

Keindahan alam disekeliling pulau lampu sungguh luar biasa. Tidak mudah untuk mengungkapkannya dengan kata-kata. Selain bermain air dipantai sambil berenang, kita juga bisa menyelenggarakan kegiatan outbond atau masak-masak dipulau ini. Air tawar dan toilet juga sudah tersedia dipulau lampu.

Cerita keindahan pulau lampu dan pulau putrid selanjutnya dapat Anda kisahkan sendiri, setelah Anda menikmatinya. Pesan segera Paket Wisata Bangka, minimal paket 3 hari 2 malam, dan mintalah pada customer atau travel konsultan kami untuk hopping island di pulau lampu dan pulau putri.

Untuk group yang cukup besar Anda dapat memesan kegiatan yang diinginkan. Namun demikian hopping island ini tidak kami sarankan bagi wisatawan yang ingin liburan keluarga dengan anak-anak (kecil).

Kami tunggu kedatangan Anda di pulau Bangka.

4. Kampung Gedong

Desa wisata bernama ‘Kampung Gedong’ ini berlokasi di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dari Kota Sungailiat, kamu akan menempuh kurang lebih 45 menit perjalanan. Sementara dari kota Pangkal Pinang kurang lebih 1,5 sampai 2 jam perjalanan.

Kampung Gedong merupakan kampung pecinaan paling awal yang ada di Bangka. Kampung ini telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah daerah Bangka sejak tahun 2000.

Memasuki Kampung Gedong, kamu akan disambut dengan suasana khas perkampungan Cina kuno.

Rumah-rumah kayu dengan arsitektur khas Cina lengkap dengan tempat pemujaan di halaman depan rumah, serta kelenteng dengan warna merah menyolok merupakan pemandangan yang akan kamu dapati di desa wisata ini.

5. Goa Maria Pelindung segala Bangsa

Goa Maria Bunda Pelindung Segala Bangsa atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Goa Maria‘, merupakan salah satu destinasi wisata favorit di kota tua Belinyu, Bangka. Goa Maria dibangun di atas sebuah bukit yang bernama Bukit Mo Thian Liang, yang berarti bukit menggapai langit. Lokasi bukit itu terletak di belakang gereja Katolik Belinyu.Goa ini telah diresmikan sebagai tempat ziarah pada 8 Desember 1999. Selengkapnya silahkan baca ulasan kami disini

Selain 5 objek wisata favorit di atas masih ada objek wisata lain yang belum terlalu dikenal namun juga menarik untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pantai Batu Dinding

2. Mencicipi Otak-otak Khas Belinyu

3. Pha Kak Liang

Bila anda datang dari luar kota, sebaiknya anda menggunakan paket wisata Bangka saja kalau ingin menjajal berbagai objek wisata di atas. Meskipun teknologi sudah cukup canggih, anda bukan tidak mungkin akan mengalami kendala bila memaksakan diri berkendara sendiri. Apalagi kalau liburan anda mengajak keluarga dan anak-anak.

Kecuali anda punya sodara, kenalan atau sahabat yang paham wisata Bangka dan bersedia mengantarkan perjalanan anda. Bila tidak anda bisa menimbang untuk menggunakan layanan kami seperti rental mobil di Bangka.

Sedangkan untuk anda yang berencana liburan ke pulau Belitung, anda bisa menggunakan pesawat dan terbang dari Depati Amir Pangkalpinang ke Tanjungpandan, Belitung. Atau bisa juga dengan kapal laut, dari pelabuhan Pangkalpbalam Bangka ke pelabuhan Tanjungpandan Belitung.

Sebelum itu jangan lupa pesan paket tour Belitung murah bersama kami, atau setidaknya cari dulu rental mobil Belitung agar perjalanan liburan anda anda lebih aman dan terencana.